Mengenal Perangkat Komputer

Posted by Unknown under
MENGENAL PERANGKAT KOMPUTER


Monitor 
Monitor adalah perangkat yang bertugas untuk menampilkan data atau informasi berupa grafis pada tampilan layar. Berdasarkan perkembangan teknologi hingga saat ini monitor terbagi menjadi tiga yaitu :

1. Monitor Monochrome (tampilan hitam putih)
2. Monitor CRT (tampilan warna)
3. Monitor LCD (layer datar)

CPU  (Central Processing Unit)
CPU merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program (disebut microprocessor). Sistem kerja CPU terdiri dari :
CU (control unit). Untuk mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Mengatur kapan alat input menerima data dan diolah dan ditampilkan.
ALU (arithmatic and logic unit). Melakukan semua perhitungan aritmatika dan pembandingan.
Register simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. (IR: instruction register, PC : program counter untuk alamat dan general purpose register untuk data).
Main memory : RAM dan ROM
Sedangkan secara umum CPU terbagi menjadi tiga bentuk yaitu :
Tower
Tower (menara) adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena  ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan
Desktop
Desktop adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.
Portable
Portable (mudah dibawah-bawah) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa  kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Contohnya Laptop.
Pada tampilan depan CPU terdapat CD/DVD Room, tombol power, tombol reset, floopy disk, colokan USB, colokan jack headphone dan colokan mic yang kesemuanya itu merupakan kebutuhan standart pada sebuah perangkat computer.
Sedangkan pada tampilan belakang CPU terdapat beberapa port maupun colokan antara lain : port USB, port PS2 (mouse/keyboard), port Serial, port LPT, port COM, port, port VGA, port Audio, port LAN dan colokan power / tegangan listrik yang kesemuanya itu merupakan kebutuhan standart pada sebauh perangkat computer. 

Keyboard
Keyboard merupakan salah satu perangkat masukan yang akan diproses pada CPU untuk ditampilkan di layer monitor. Secara umum keyboard terdiri dari beberapa tombol yang melambangkan abjad dan numeric selain itu terdapat pula tombol tambahan seperti Caps Lock, Shift, CTRL, ALT, dan lain sebagainya (akan dibahas pada bab berikutnya).

Mouse
Mouse merupakan salah satu perangkat masukan yang akan memudahkan pengoperasian system  pada computer.

Printer
Printer merupakan salah satu perangkat keluaran yang berfungsi untuk mencetak hasil teks maupun gambar kedalam kertas.  

Motherboard
Motherboard atau panan induk. Disebut papan induk karena disinilah tempat beradanya komponen-komponen dari Central Processing Unit (CPU) yang telah dibahas diatas tadi. Baik itu Processor, Memory, Sound card, Lan, VGA, Slot PCI, Slot AGP, Slot PCI Express, Slot Hardisk, Slot CD Room, Slot Floppy Disk, dan Slot SATA 

>>>>>>> Doanload File PDF-nya Di Sini <<<<<<<

0 komentar: